08/06/13

Harga baju bekas bernilai Rp.12 juta

Bagaimana mungkin Baju bekas / Second dapat terjual Rp.12 Juta ? , Inovasi dan Kreatifitas menjadikan sesuatu bernilai Tinggi.  Inspirasi ini datang dari seorang Atlet keturunan kulit hitam, lahir pada tahun 1963 di daerah pemukiman kumuh Broklyn, New York. Dia memiliki empat orang saudara laki-laki dan perempuan, upah yang sangat kecil yang diterima ayahnya pada dasarnya tidak bisa digunakan untuk kelangsungan hidup rumah tangganya. Sejak kecil ia hidup dalam gelombang kemiskinan dan perbedaan, terhadap masa depannya, sama sekali tidak terlihat adanya harapan. Pada saat itu, dia berusia 13 tahun, ayahnya memberikan sepotong baju bekas: “sepotong baju bekas ini dapat berharga berapa? “kira-kira 1 dolar” jawabnya. “apakah dapat dijual dengan harga 2 dolar? Kalau kamu bisa menjualnya, berarti kamu bisa membantu aku dan ibumu. Dia menganggukkan kepala sambil berkata: “ saya bisa mencobanya, tetapi belum tentu dapat menjualnya.” Dengan hati-hati dia mencuci bersih baju itu, tanpa di setrika, lalu menggunakan sikat menyikat baju tersebut, dan merentangkannya di atas papan untuk di jemur hingga kering. Pada hari berikutnya, dia membawa baju itu ke stasiun kereta bawah tanah yang penuh sesak dengan keramaian orang, setelah 6 jam lebih ia menjajakan baju tersebut, akhirnya baju itu dapat terjual.
Dengan erat dia membawa uang 2 dolar itu, sepanjang jalan pulang menuju rumah. Kemudian, setiap hari dengan sangat antusias dia mengeluarkan baju-baju bekas dari tumpukan sampah. Setelah selesai di bersihkan, lalu ia pergi ke pusat kota untuk menjualnya. Begitu lewat sepuluh hari lebih, ayahnya menyerahkan lagi sepotong baju kepadanya, lalu berkata: “ coba kamu pikirkan, sepotong baju ini, bagaimana caranya bisa dijual seharga 20 dolar?”, “bagaimana mungkin? “ baju ini paling mahal seharga 2 dolar” ujarnya.
Ayah menyemangatinya: “mengapa kamu tidak mencobanya? selalu ada caranya.” Akhirnya, dia terpikirkan sebuah cara. Dia meminta sepupunya yang sedang belajar melukis untuk menggambarkan “mickey mouse” dan “donald bebek” di atas baju itu. Dia memilih menjualnya di pintu masuk sebuah sekolah untuk orang-orang kaya. Tidak lama kemudian, seorang supir yang datang menjemput tuan mudanya membeli baju tersebut untuk diberikan kepada majikan kecilnya. Anak yang berusia sepuluh tahunan itu sangat senang, dan masih juga memberikannya tips 5 dolar. 25 dolar, ini tidak diragukan lagi sejumlah uang yang besar, setara dengan upah ayahnya selama satu bulan. Sesampainya di rumah, ayah kembali menyerahkan sepotong baju bekas kepadanya: “dapatkah kamu menjual baju ini seharga 200 dolar?” tatapan sang ayah bersinar dengan redup. Kali ini dia tidak ada keraguan, dengan sangat tenang mengambil baju tersebut. Dua bulan kemudian, pemeran wanita dalam film yang sangat populer “charlie’s angels” La foxi datang ke NewYork untuk melakukan promosi film, setelah selesai melakukan konfrensi pers, anak kecil tersebut mendesak masuk diantara petugas keamanan, mendekat menuju ke arah La foxi, dan mengulurkan baju bekas tersebut untuk meminta di tanda tangani olehnya.
La foxi melihat seorang anak yang lugu meminta tanda tangannya, dengan senang dia menandatanganinya. Dia dengan gembira berteriak : “ kaos olahraga yang ditanda tangani sendiri oleh La foxi, di jual seharga 200 dolar!” setelah melalui proses lelang, seorang pengusaha dengan penawaran tertinggi 1200 dolar lah yang berhak mendapatkan kaos tersebut. Sekembalinya ke rumah, ayah terharu meneteskan air mata : “ tidak disangka kamu dapat melakukannya! Anakku! Kamu benar-benar hebat!” ujarnya. Malam ini, ayah dan dia sangat akrab. Ayah bertanya kepadanya :” anakku, setelah menjual tiga potong baju ini, apa yang kamu pahami?. Dengan haru dia berkata: “asalkan mau menggunakan akal fikiran, selalu ada jalannya” .
Ayah mengangguk serta menggelengkan kepala berkata :” kamu benar! Tetapi itu bukan niatku, aku hanya ingin memberitahumu, sepotong baju bekas yang hanya seharga 1 dolar, selalu ada cara untuk membuatnya sangat bernilai. Terlebih lagi bagi kita orang yang hidup? Kita memang berkuliat hitam dan juga miskin, tapi apa hubungannya dengan ini?”. Tiba-tiba, dalam hatinya terfikir ide yang cemerlang. “bahkan baju bekas pun selalu ada cara untuk membuatnya bernilai, ada alasan apalagi saya untuk berpura-pura dengan itu?”. Sejak saat itu, dia sangat rajin belajar, mendapatkan pelajaran yang pahit dan keras, membuat masa depannya di penuhi dengan harapan. Dua puluh tahun kemudian, namanya tersohor ke seluruh penjuru dunia,
"Banyak hal, jika kamu tidak mencobanya, tentu tidak akan ada hasilnya."
Bintang bola basket dunia Michael jordan, mempunyai catatan prestasi yang gemilang, tetapi ia mempunyai rekor yang hanya sedikit orang yang tahu, dia adalah pemain yang paling banyak kehilangan angka pada 10 detik terakhir dalam permainan bola basket, membuat atlet basket NBA dari timnya tidak ada cara untuk memenangkan pertandingan. seorang wartawan televisi menyadari akan catatan ini, dia merasa sangat bangga, karena orang-orang selalu bilang jordan mempunyai banyak keajaiban, pada akhirnya mereka mempunyai kesempatan untuk mengejek jordan. Ketika dia sedang mewawancarai jordan, lalu bertanya kepadanya: “berdasarkan data yang saya dapat, anda adalah pemain yang bersejarah di NBA, atlit basket yang paling sering banyak kehilangan angka di sepuluh detik terakhir pertandingan. Apa tanggapan anda tentang catatan ini? .
Jordan dengan tawa yang hambar berkata : “saya tidak menyangka mempunyai rekor seperti ini, tetapi coba anda fikirkan, ketika permainan memasuki sepuluh detik terakhir, mereka semua percaya kemampuan saya melempar bola, pada akhirnya bola ini sebanyak mungkin diberikan kepada saya untuk saya masukkan, jika saya tidak melemparnya, kesempatan memenangkan pertandingan adalah nihil, setelah saya lempar, kesempatan memenangkan pertandingan pasti lebih tinggi daripada kalah dalam pertandingan. Angka yang saya cetak sangat banyak, tentunya angka kegagalan atau kehilangan bola pun juga sangat banyak. Tetapi jika semuanya tidak masuk, tim tidak akan mempunyai kesempatan untuk menang. Ini adalah Kata-kata singkat dari jordan, tidak hanya di dalam lapangan, di dalam berbagai situasi atau hal dalam hidup pun semuanya sangat berguna. (dalam banyak hal. Jika kamu tidak mencobanya, tentu tidak akan ada hasilnya) “seumur hidup saya ini telah merasakan satu demi satu kegagalan, ini adalah sebuah alasan dari semua kesuksesan saya”. Legenda bola basket NBA amerika, michael jordan.

0 komentar:

Posting Komentar